Rabu, 17 Januari 2018

10 Tips Mudah Yang Patut Anda Coba Untuk Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Ada banyak informasi penurunan berat badan yang baik dan buruk di internet. Sebagian besar dari apa yang direkomendasikan ada yang berhasil dan ada juga yang tidak. Namun pada panduan diet kali ini ada beberapa metode alami yang sebenarnya telah terbukti berhasil.

Berikut adalah 10 cara mudah menurunkan berat badan secara alami.

1. Tambahkan Protein ke Diet Anda



 Ketika sampai pada penurunan berat badan, protein adalah raja nutrisi. Tubuh Anda membakar kalori saat mencerna dan memetabolisme protein yang Anda makan, sehingga diet protein tinggi dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga bisa membuat Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi nafsu makan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang makan lebih dari 400 kalori lebih sedikit per hari dengan diet protein tinggi. Bahkan sesederhana makan sarapan tinggi protein (seperti telur) bisa memiliki efek yang kuat.

2. Hindari Makanan Olahan


Makanan olahan biasanya tinggi karena ditambah gula, ditambah lemak dan kalori. Terlebih lagi, makanan olahan direkayasa untuk membuat Anda makan sebanyak mungkin. Mereka lebih cenderung menyebabkan makan seperti adiktif daripada makanan yang tidak diproses.

3. Sediakan Selalu Makanan Sehat dan Makanan Ringan Sehat
Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat mempengaruhi berat badan dan perilaku makan. Dengan selalu memiliki makanan sehat yang tersedia, dapat mengurangi kemungkinan Anda atau anggota keluarga lainnya makan tidak sehat. Ada juga banyak camilan sehat dan alami yang mudah disiapkan dan dibawa bersama Anda saat dalam perjalanan. Ini termasuk yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel dan telur rebus.

4. Batasi Intake Anda dari Gula Tambahan


Makan banyak gula tambahan berkaitan erat dengan beberapa penyakit terkemuka di dunia, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Rata-rata, orang Amerika makan sekitar 15 sendok teh gula tambahan setiap hari. Jumlah ini biasanya tersembunyi dalam berbagai makanan olahan, jadi Anda mungkin akan banyak mengkonsumsi gula tanpa menyadarinya. Karena gula mengandung banyak daftar bahan, sehingga sangat sulit untuk mengetahui berapa banyak gula yang benar-benar ada dalam produk. Meminimalkan asupan tambahan gula adalah cara terbaik untuk memperbaiki pola makan Anda.

5. Minum Air

Sebenarnya ada kebenaran klaim bahwa air minum bisa membantu menurunkan berat badan. Minum 0,5 liter (17 oz) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya. Minum air putih sebelum makan juga bisa menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia. Air sangat baik untuk menurunkan berat badan saat menggantikan minuman lain yang kaya kalori dan gula.

6. Minum Kopi (tanpa gula)


Untungnya, orang menyadari bahwa kopi merupakan minuman sehat yang sarat dengan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Minum kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan tingkat energi dan jumlah kalori yang Anda bakar. Kopi berkafein dapat meningkatkan metabolisme Anda sebesar 3-11% dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 23-50%. Selanjutnya kopi hitam bisa sangat baik dalam penurunan berat badan, karena bisa membuat Anda merasa kenyang tapi hampir mengandung kalori.

7. Minumlah Teh Hijau



Teh hijau merupakan minuman alami yang sarat dengan antioksidan. Minum teh hijau dikaitkan dengan banyak manfaat, seperti peningkatan pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Teh hijau dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4% dan meningkatkan pembakaran lemak selektif hingga 17%, terutama lemak perut yang berbahaya. Teh hijau matcha adalah teh hijau bubuk terbaik yang mungkin memiliki manfaat kesehatan bahkan lebih kuat daripada teh hijau biasa.

8. Tidurlah Cukup



Cukup tidur sangat penting untuk menurunkan berat badan, sekaligus untuk mencegah kenaikan berat badan di masa depan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur mencapai 55% lebih mungkin mengalami obesitas, dibandingkan mereka yang cukup tidur. Angka ini bahkan lebih tinggi untuk anak-anak. Hal ini sebagian karena kurang tidur mengganggu fluktuasi harian pada hormon nafsu makan, yang menyebabkan regulasi nafsu makan buruk.

9. Sikat Gigi Anda Setelah Makanan


 Banyak orang menyikat gigi atau floss setelah makan, yang bisa membantu membatasi keinginan untuk ngemil atau makan di sela waktu makan. Ini karena banyak orang tidak merasa suka makan setelah menyikat gigi. Ditambah lagi, bisa membuat makanan terasa tidak enak. Karena itu, jika Anda menyikat atau menggunakan obat kumur setelah makan, Anda mungkin akan kurang tergoda untuk meraih camilan yang tidak perlu.

10. Tata Ulang Piring Anda

Kebanyakan orang memikirkan protein atau daging mereka, sebagai acara utama makanan mereka, tapi inilah saatnya mengubah cara berpikir Anda. "Tempatkan sayuran beraroma di depan dan di tengah piring makan siang dan makan malam, ditemani oleh sisi protein dan biji-bijian," saran Forberg. Dengan hanya menata ulang piring Anda, Anda akan secara otomatis mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan mengkonsumsi lebih banyak vitamin dan nutrisi pelindung kesehatan.


EmoticonEmoticon